Minggu, 14 November 2010

SYAIR CINTAKU
Cinta yg dibangkitkan oleh khayalan yg salah dan tidak pada tempat'y.bisa saja menghantarkan pada keadaan ekstasi.namun kenikmatan itu jelas tak seperti bercinta kepada kekasih sebenar'y.kekasih yg sadar akan hadir'y seseorang.kau sudah banyak menderita,tetapi kau masih terbalut tirai.karna kematian adalah pokok sgala'y dan kau belum memenuhi'y.deritamu takkan habis sebelum kau mati.kau takkan meraih atap tampa menyelesaikan anak tangga,ketika dua dari sratus anak tangga hilang,kau terlarang menginjak atap.bila tali kehilangan satu elo dari sratus,kau takkan mampu memasukkan air sumur kedalam timba,hai lilin dari tiraz,padamkan dirimu diwaktu fajar,ketahuilah mentari dunia akan tersembunyi sebelum gemintang bersembunyi.arahkan tombakmu pada dirimu,lalu hancurkanlah dirimu.karna mata jasadmu sperti kapas ditelingamu.wahai mereka yg memiliki ketulusan,jika ingin terbuka tirai,pilihlah kematian dan sobekkan tirai.bukanlah karna kematian itu kau akan masuk kekuburan.akan tetapi karna kematian adalah perubahan untuk masuk kedalam cahaya.ketika manusia menjadi dewasa,maka matilah masa kecil'y.ketika tanah menjadi emas,tak tersisa lagi tembikar.ketika derita menjadi bahagia,tak tersisa lagi duri.
DIA adalah orang yg tidak mempunyai ketiadaan,saya mencintaiNYA dan saya mengagumiNYA.saya memilih jalanNYA,dan saya memalingkan muka ke jalanNYA.setiap orang mempunyai kekasih,DIA lah kekasih saya.kekasih yg abadi.DIA adalah orang yg saya cintai.dan DIA begitu indah.oh..DIA adalah yg paling sempurna.orang2 yg mencintaiNYA adalah para pecinta yg takkan pernah sekarat.DIA adalah DIA.
DIA dan mereka adalah DIA.ini adalah sebuah rahasia.jika kalian mempunyai cinta.kalian akan memahamiNYA.

TASAUF DAN MAKRIFAT.
Pengertian makrifat dalam bahasa berarti tahu atau kenal.ilmu atau pengetahuan diambil dari bahasa arab''arafah''.dalam artian umum,ilmu dan pengetahuan yg diperoleh melalui akal.Dalam tasauf,makrifat berarti mengetahui allah.swt dari dekat.yaitu pengetahuan dengan hati sanubari.Dengan makrifat seorang sufi lewat hati sanubari'y dapat melihat allah.swt.para sufi mengatakan:''kalau mata yg terdapat dalam hati sanubari manusia terbuka,mata kepala'y akan tertutup dan ketika itu yg dilihat'y hanya allah.swt.Makrifat itu merupakan cermin,jika seorang sufi melihat kecermin maka yg akan dilihat'y hanya allah.swt,yg dilihat orang arif sewaktu tidur maupun terjaga hanya allah.swt.Pengetahuan dalam bentuk makrifat merupakan pengetahuan yg langsung ada pada allah.swt yg dianugrahkanNYA kepada mereka yg diberi kemampuan menerima'y.Makrifat merupakan cahaya yg memancar kedalam hati,yg menguasai daya yg ada dalam diri manusia dengan sinar'y yg menyilaukan.Menurut para sufi,seperti yg dikemukakan oleh seorang sufi abu bakar al-kalabazi:''bahwa allah lah yg membuat manusia mengenal diriNYA''

HUBUNGAN TASAUF DENGAN MAKRIFAT
Makrifat kadang2 dipandang sebagai maqam dan terkadang dipandang sebagai haal.antara makrifat dan mahabbah ada kesamaan dan ada perbedaan.persamaan kedua'y menggambarkan keadaan dekat'y seorang sufi dengan TUHAN.perbedaan'y,mahabbah menggambarkan hubungan dalam bentuk cinta sedangkan makrifat menggambarkan hubungan dalam bentuk pengetahuan dengan hati sanubari.
Rosulullah.saw bersabda:''siapa yg mengenal diri'y,ssungguh'y dia dapat mengenal TUHAN nya''
Zunnun al-mishry berkata:''aku kenal TUHAN ku dengan TUHAN ku juga,kalau tidak dengan TUHAN ku maka aku tidak mengenal TUHAN ku(al-qusyairi 315).menurut zunnun,tokoh utama dan pencetus faham makrifat berpendapat:''bahwa pengetahuan tentang TUHAN itu terbagi 3:''pengetahuan orang awam,pengetahuan ulama dan pengetahuan orang arif''.pengetahuan orang awan tentang allah pada dasar'y adalah pengetahuan yg diterima dari ajaran agama tampa memerlukan pembuktian melalui logika.pengetahuan tentang TUHAN diperoleh dengan perantaraan ucapan dua kalimat syahadat.pengetahuan ulama mementingkan dalil dan logika,baik pengetahuan orang awam maupun pengetahuan ulama tentang allah disebut sebagai ilmu bukan makrifat.pengetahuan dalam bentuk makrifat menurut zunnun adalah pengetahuan tentang allah dikalangan kaum sufi yg dapat melihat allah dengan hati sanubari'y.makrifat ini adalah anugrah allah kepada kaum sufi yg telah dengan ikhlas beribadah dan sungguh2 mencintai dan mengenal allah.swt.dengan keikhlasan ibadah itulah allah menyingkapkan tabir(kasysyaf) dari pandangan sufi untuk dapat menerima cahaya yg dipancarkan oleh allah.dalam keadaan demikian sufi dapat melihat keindahan allah yg abadi dan mengetahui ke-esaanNYA.Dalam tasauf terdapat komunikasi dua arah,disatu pihak,sufi berusaha keras mendekatkan diri dari bawah,sedangkan dilain pihak,allah dari atas menurunkan rahmatNYA.ketika berlangsung komunikasi dua arah dalam bentuk makrifat,pengaruh akal dan penglihatan mata hilang,karna yg disaksikan seorang sufi hanyalah yg hakiki yaitu allah melalui hati sanubari.al-qusyayri mengatakan:''ada tiga alat dalam tubuh manusia yg digunakan sufi untuk berhubungan dengan allah.swt:'' pertama= qalbu(hati) untuk mengetahui sifat TUHAN.kedua= roh(ruh) untuk mencintai TUHAN, ketiga=sirr(hati sanubari) untuk melihat TUHAN.dari ketiga alat tersebut,sirr merupakan alat yg peka dan lebih halus dari roh apalagi qalbu.Sirr merupakan alat yg digunakan oleh sufi untuk memperoleh makrifat.oleh sebab sirr bertempat pada roh dan roh bertempat pada qalbu.maka sirr timbul serta dan dapat menerima makrifat dari allah.swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar